HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Tips & Tricks

Tips Liburan Akhir Tahun Tanpa Kepikiran Rumah

LIBURAN akhir tahun, tinggal berbilang hari. Ke manakah Anda akan menghabiskan liburan akhir tahun dan menyaksikan momen-momen pergantian tahun? Dalam negeri atau luar negeri? Dalam kota atau luar kota? Pantai, pegunungan, hotel, atau tempat wisata lainnya?

Sebagian dari kita, tentu, sudah punya rencana menikmati liburan akhir tahun. Membuat rencana liburan adalah hal penting. Tidak saja perjalanan menjadi efektif dan efisien, tetapi juga aman dan selamat.  Berikut adalah tips untuk sobat HSEMagz yang merencanakan berpergian dan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama:

  • Kunci & Cek Kembali Kondisi Rumah

Hal ini sering dianggap enteng, terutama bagian jendela. Padahal dari sinilah awal rasa aman kita bermula. Memastikan pintu rumah dan jendela terkunci dengan baik adalah hal yang penting. Ajak pasangan, anak, atau siapapun untuk membantu pengecekan kembali. Agar jauh lebih aman, sobat HSEMagz bisa menambahkan satu kunci baru di pintu utama dan teralis di setiap pintu dan jendela.

  • Lepaskan Selang Gas & Kabel Listrik

Guna menghindari kebakaran selama mudik, cabut aliran gas dan listrik di rumah. Cabut aliran listrik pada alat elektronik seperti TV, lemari es, AC, dispenser, laptop, dan sejenisnya. Mencabut aliran listrik bermanfaat untuk mencegah terjadinya korsleting dan kebakaran. Begitu pula dengan kompor gas. Sering orang lupa, bahwa mematikan kompor saja tidak cukup. Sebab aliran gas masih ada di selang. Cabut refrigerator atau selang gas dari tabungnya, supaya dipastikan tidak lagi ada aliran gas sama sekali yang terkoneksi ke sumber api (kompor).

  • Jangan Tinggalkan Sisa Makanan di Rumah

Apabila sudah mendekati waktu berpergian, jangan tinggalkan makanan di ruangan terbuka. Lebih baik dihabiskan, dibawa, diberikan kepada kerabat atau yang terakhir bisa dimasukkan ke dalam lemari es. Makanan sisa akan mengundang binatang pengerat atau bisa juga membusuk di saat kita sedang berlibur yang akan mencegah adanya pekerjaan tambahan ketika kita pulang berlibur.

  • Bersihkan Rumah Sebelum Bepergian

Sebelum ditinggal bepergian, pastikan untuk membersihkan dan merapikan rumah. Jangan sampai rumah dalam kondisi kotor saat ditinggal. Rumah yang kotor akan menyebabkan banyaknya kecoa dan tikus berkeliaran di rumah.

  • Titipkan Rumah

Titipkan rumah dengan kerabat terdekat maupun tetangga. Jangan lupa titipkan beberapa nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika memungkinkan mintalah bantuan untuk setiap harinya menghidupkan dan mematikan lampu agar terkesan ada orang di dalam rumah dan juga jangan lupa belikan oleh-oleh sebagai ucapan terima kasih ke yang bersangkutan. (Hasanuddin)