HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Nasional

K3 Kunci Kemajuan & Produktivitas Perusahaan

JAKARTA, HSEMagz – Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bukanlah beban biaya (cost).  Jika diimplementasikan dengan baik dan benar, konsisten, serta keberlanjutan, K3 malah bisa menjadi investasi yang berpotensi meraup keuntungan bagi perusahaan.

“K3 adalah kunci kemajuan, kunci produktivitas, kunci efisiensi proses dan produk, reputasi, repeat order, sehingga akhirnya K3 menjadi kebutuhan untuk daya saing perusahaan, daya saing nasional, daya saing industri konstruksi nasional di pasar global,” kata SVP QHSE Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Subkhan sesaat setelah menerima penghargaan dari World Safety Organization (WSO) Indonesia untuk kategori WSO Concerned Professional Award 2021 di Hotel Santika Bekasi, Kamis (21/10/2021).

Atas penghargaan yang diterimanya, Subkhan mengatakan bahwa penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap kiprah yang selama ini dilakukannya di dunia keselamatan konstruksi.

Kendati demikian, katanya, penghargaan tersebut tak semata ditujukan bagi dirinya. “Apresiasi ini untuk semua penggiat K3 dan keselamatan konstruksi, untuk para senior-senior saya dan mentor saya yang selama ini telah gigih memperjuangkan budaya dan awareness keselamatan,” katanya.

“Mungkin apresiasi ini belum sebanding dengan kontribusi saya pada aspek keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kami di sektor konstruksi apalagi bagi tingkat nasional. Namun semangat dari semua pihak untuk bangkit dan terus maju ini yang membuat saya bangga dengan spirit dari diadakannya Awards dan penghargaan ini,” sambung Subkhan.

Ia berharap, semoga kegiatan WSO Awards ini tidak berhenti dengan acara seremonial saja. “Tetapi sama-sama menginsiprasi komitmen bersama K3 di semua sektor industri, untuk diimplementasikan, diingatkan, dikawal dan ditingkatkan secara terus menerus,” pungkasnya.

Selain Subkhan, penghargaan kategori serupa juga diterima oleh Amiroel Pribadi dan Alwahono.

Pemenang Concerned Company Award 2021

Pada kesempatan itu, WSO Indonesia juga memberikan penghargaan kepada 8 perusahaan Indonesia yang dinilai telah peduli terhadap aspek safety (K3) dengan kategori WSO Concerned Company Award 2021.

Yaitu PT Nindya Karya (Persero), PT Patra Drilling Contractor, PT Waskita Karya Realty, PT Waskita Toll Road, PT Waskita Infrastruktur, PT Target Kelola Securindo, Perum Damri, dan Pertamina Pertagas Niaga.

Untuk kategori asosiasi/organisasi (WSO Concerned Organization Award), WSO Indonesia memberikan penghargaan kepada Perkumpulan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia (PAKKI).

Sementara untuk kategori individu (WSO Concerned Citizen Award), WSO Indonesia memberikan penghargaan kepada Edi Priyanto, Eko Gunarto, dan Hasanuddin (Jurnalis Senior K3). (hasanuddin)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *