HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Insight Oli & Gas

Kebakaran Pipa BBM Pertamina Plumpang Telan Korban Jiwa

JAKARTA, HSEmagz.com – Kebakaran disertai ledakan yang bersumber dari pipa BBM Pertamina di Depo Pertamina Plumpang terjadi dekat pemukiman warga. Sejumlah warga pun menjadi korban, baik meninggal dunia maupun menderita luka bakar hebat.

Dari video yang beredar di jagat media sosial (medsos) dan berdurasi 26 detik, terlihat bagaimana api sudah merembet ke pemukiman warga.

“Apinya sudah masuk kampung warga nih…Ya Allah,” kata warganet.  Seorang warga terdengar terus menerus menangis histeris.

Dalam video berdurasi 26 detik itu, si pengunggah memperlihatkan dua warga yang menjadi korban kebakaran. Seorang wanita dan seorang lagi laki-laki dewasa.

Pakaian wanita itu compang-camping akibat terbakar. Kulit wajah, tangan, dan kaki wanita itu tampak melepuh.  Di sampingnya terdapat seorang laki-laki dewas yang juga menjadi korban. Sebagian tangan kirinya melepuh.

Baca juga: Depo Pertamina Plumpang Meledak dan Terbakar

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta turun tangan membantu korban kebakaran pipa BBM Pertamina di Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BPBD DKI M Ridwan berujar, pemadaman lokasi kebakaran dan evakuasi korban dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI.

“BPBD membantu korban luka yang sudah dievakuasi oleh petugas Dinas Gulkarmat,” kata Ridwan kepada awak media.

Kebakaran hebat Depo Pertamina Plumpang menelan sejumlah korban jiwa. Warga bersama-sama petugas pemadam kebakaran tampak membawa satu kantong jenazah.

Kantong jenazah itu kemudian dibawa ke dalam mobil ambulans yang terparkir di bahu jalan. Setelah kantong jenazah itu masuk ke dalamnya, mobil ambulans pun bertolak dari lokasi.

Salah seorang warga laki-laki yang berada di dekat ambulans mengatakan bahwa ada beberapa kantong jenazah yang sudah diangkut oleh mobil ambulans.

“Ada beberapa tadi. Ada warga juga yang jadi korban,” ujar pria itu.

Mobil ambulans datang silih berganti. Setelah menerima kantong jenazah dari petugas pemadam kebakaran dibantu warga, mobil bertolak dan digantikan oleh mobil lainnya.

Petugas dari Gulkarmat DKI Jakarta setidaknya sudah mengerahkan 18 unit mobil pemadam kebakaran dengan 90 personel. Jumlah ini kemungkinan akan terus ditambah mengingat hingga berita ini diturunkan, api masih berkobar hebat di lokasi.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan pihaknya telah menerjunkan unit mobil damkar untuk memadamkan api. “18 unit/90 personel dikerahkan,” kata Satriadi.

Laporan kebakaran diterima petugas pemadam kebakaran pukul 20.11 WIB tadi. Lokasi persisnya ada di Jl Tanah Merah Bawah, RT 012 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja. “Objek: Pipa bensin Pertamina,” kata Satriadi. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *