HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Fatality Accident Safety, Health, & Environtment

Bersihkan Tangki Kapal Tanker, Dua Pekerja Tewas

BATAM, HSEmagz.com – Kecelakaan kerja fatal (fatality accident) yang terjadi di ruang terbatas, kembali terjadi.

Belum hilang dari ingatan tewasnya tiga pekerja PT  Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), subkontraktor PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di tangki limbah di proyek CMTF Balam di Blok Rokan PT PHR pada Jumat (24/2/2023), kini kasus serupa terjadi di Batam.

Kali ini kecelakaan kerja maut terjadi di galangan kapal Pax Ocean milik PT Nanindah Mutiara Shipyard yang berlokasi di Batu Aji, Kota Batam.

Dua pekerja meregang nyawa saat membersihkan sebuah tangki kapal tanker. Peristiwanya terjadi Selasa (7/3/2023) jelang tengah malam.

Kedua korban nahas tersebut teridentifikasi bernama  Prayoga Jamie Aditya (25) dan Jepri (34) dan diketahui sebagai karyawan dari subcon PT Ganda Samudera.

Baca juga: 3 Pekerja Limbah Tewas di Kontainer Limbah di Pertamina Hulu Rokan

Kepada awak media, Kapolsek Batuaji Komisaris Polisi (Kompol) Restia Octane Guchy membenarkan kecelakaan kerja maut tersebut.

“Kejadiannya Selasa (7/3/2023) sekitar pukul 23.00 WIB. Ada dua orang korban meninggal dan dievakuasi ke RSUD Embung Fatimah,” kata Kompol Restia Octane Guchy sebagaimana dilansir dari laman detik.com. Rabu (8/3/2023).

Dijelaskan Kompol Restia, kedua korban tewas saat membersihkan tangki kapal tanker. Mulanya, kedua korban ditemukan tergeletak dalam tanki kapal oleh salah satu pekerja pada Selasa malam sekitar pukul 21.00 WIB.

“Kedua korban bekerja membersihkan tangki kapal tanker. Keduanya ditemukan pingsan oleh salah satu rekannya mengecek pekerjaan keduanya,” kata Kapolsek Kompol Restia.

Temuan itu, dilaporkan kepada supervisor PT Ganda Samudera. Setelah melihat ke lokasi, supervisor beserta pekerja lain membawa kedua korban yang ditemukan pingsan itu ke rumah sakit.

“Saudara Yusuf (supervisor) datang ke TKP dan melihat bahwa benar adanya dua orang karyawan yang sedang pingsan, kemudian bersama dengan karyawan lainnya langsung membawa kedua orang korban tersebut ke RSUD Embung Fatimah,” ujarnya.

Saat di rumah sakit kedua orang korban dinyatakan telah meninggal dunia di RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Baca juga: Kematian 3 Pekerja Limbah Diduga Ada Unsur Kelalaian

Polsek Batu Aji saat ini tengah mendalami penyebab kecelakaan tersebut. Saat ini, sejumlah saksi baik dari keluarga korban, pekerja maupun pihak perusahaan masih dimintai keterangan di Mapolsek.

“Masih kita dalami penyebab kecelakaan tersebut apakah karena kelalaian atau yang lainnya. Beberapa orang saat ini tengah dimintai keterangan,” ujarnya. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *