HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Education Tips & Tricks

10 Tips Selamat Berkendara Saat Berpuasa dari KNKT

JAKARTA, HSEmagz.com – Musim mudik Lebaran 2023 telah tiba. Data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan, sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan pergerakan selama musim mudik Lebaran 2023.

Sepanjang sejarah mudik Lebaran, inilah jumlah pemudik terbesar di Indonesia yang lebih di angka 100 juta orang. Tahun 2022 lalu, jumlah pemudik terdata di angka 85,5 juta orang.

Bisa dibayangkan, betapa riuhnya musim mudik Lebaran tahun 2023 ini. Jalanan di seantero Nusantara akan dijejali aneka jenis kendaraan.

Kemacetan parah menjadi sesuatu yang teramat sulit dihindarkan. Maklum, puluhan juta kendaraan akan bergerak serentak pada momen yang sama; mudik Lebaran 2023.

Pun demikian dengan kecelakaan. Peristiwa yang tak dikehendaki oleh para pengendara ini menjadi sesuatu yang juga terasa sulit dinihilkan.

Kecelakaan demi kecelakaan maut terus mewarnai musim mudik Lebaran di setiap tahunnya. Pada musim mudik Lebaran 2023 ini, berdasarkan catatan HSEmagz.com, dalam tempo dua hari saja (14 dan 15 April 2023) sebanyak 15 pemudik meregang nyawa di jalanan setelah terlibat kecelakaan di empat lokasi di Jawa (Boyolali dan Cirebon) dan Sumatera (Sumatera Barat).

Baca juga: Lagi, 6 Pemudik Meregang Nyawa di Jalan

Mudik Lebaran 2023 memang penuh tantangan sekaligus peluang bagi berbagai pihak untuk terus berbenah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar kita selamat berkendara saat berpuasa? Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan 10 tips selamat berkendara saat berpuasa seperti berikut ini:

  1. Istirahat yang cukup
  2. Hindari makanan yang bisa menyebabkan kantuk
  3. Patuhi batas kecepatan kendaraan
  4. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain
  5. Perbanyak istirahat jika kehilangan konsentrasi
  6. Perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan
  7. Sabar dan patuhi aturan lalu lintas
  8. Pahami rute perjalanan sebelum berkendara
  9. Cermat gunakan aplikasi navigasi untuk hindari jalur alternatif berbahaya
  10. Hindari membawa penumpang dan barang berlebihan.

Dari 10 tips KNKT di atas, barangkali satu hal yang menarik perhatian adalah tips mengenai sabar. Sabar adalah sesuatu yang sering dilanggar para pengendara di Indonesia. Apalagi di momen bulan puasa, sikap sabar tentu merupakan ujian tersendiri bagi para pengendara.

Pakar keselamatan transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, berbagai imbauan atau tips keselamatan sebagaimana disampaikan KNKT sebenarnya selama ini begitu sering dilakukan berbagai pihak.

“Tujuannya seragam, yaitu bagaimana agar para pemudik bisa selamat sampai di tempat tujuan dan juga kembali dengan selamat di tempat kediamannya semula,” kata Djoko yang Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Wilayah MTI Pusat kepada HSEmagz.com, Senin (17/4/2023).

 Tinggal bagaimana para pemudik menyikapi berbagai tips dan imbauan keselamatan tersebut? Djoko berharap agar setiap pemudik benar-benar mematuhi segala peraturan yang ada dan mengimplementasikan berbagai imbauan dan tips selamat mudik.  (Hasanuddin)

 

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *