HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Health Safety, Health, & Environtment

Polisi Meninggal Dunia Karena Kelelahan Amankan Arus Mudik

INDRAMAYU, HSEmagz.com – Keriuhan arus mudik Lebaran 2023, membuat sibuk para petugas di lapangan. Mereka terdiri atas petugas kepolisian, dinas perhubungan, dan pihak terkait lainnya.

Sejak arus mudik mulai mengalir pada H-10, petugas kepolisian sudah ditempatkan di sejumlah titik yang dlintasi para pemudik. Tujuannya agar para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan lancar dan aman serta selamat tiba di tempat tujuan.

Para petugas itu bekerja ekstra keras mengatur arus lalu lintas para pemudik. Hal ini bisa berimbas pada kelelahan (fatigue), sebab mereka bisa jadi bekerja siang dan malam.

Seorang perwira polisi bernama Inspektur Polisi Dua (Ipda) Tirli NS yang sehari-hari bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukaguwimang, Polres Indramayu, meninggal dunia ketika bertugas menjaga arus mudik di pos pengamanan (Pospam) Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar (Kombes) Polisi Ibrahim Tompo membenarkan ada anggotanya yang meninggal saat mengawal arus mudik Lebaran 2023.

Menurut Ibrahim, sebelum meninggal, Ipda Tarli sempat mengaku kelelahan saat di Pospam Tulungagung.

Baca juga: Kemacetan Parah dan Kecelakaan Bayangi Mudik 2023

Korban lantas izin kepada rekannya yang saat itu tengah mengamankan arus mudik untuk berisitirahat. Akan tetapi, beberapa lama kemudian saat rekannya membangunkan, Ipda Tarli tak kunjung bangun bahkan tidak ada respons.

Polisi tersebut kemudian langsung membawa Ipda Tarli ke rumah sakit terdekat, akan tetapi pihak medis menyatakan bahwa Ipda Tarli telah meninggal dunia.

“Semoga Almarhum meninggal dalam keadaan khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.” kata Ibrahim, melalui keterangannya, Senin (17/4/2023), sebagaimana dilansir dari laman kompas.com.

Mendengar kabar tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahamd Wiyagus langsung menyambangi rumah duka untuk bertakziah, di Desa Cadangpinggan, Rt 04 Rw 01, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (16/04/2023).

Kedatangan Kapolda Jabar disambut oleh keluarga Ipda Tarli. Kapolda Akhmad Wiyagus mengatakan, takziah yang dilakukan merupakan bentuk perhatian kepada anggota dan keluarga.

Baca juga: Lagi, 6 Pemudik Meregang Nyawa di Jalan

“Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya salah satu anggota terbaik Polres Indramayu Polda Jabar yang meninggal dunia karena sakit dan sedang bertugas di Pospam lebaran 2023,” kata Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Di hadapan istri almarhum, Kapolda Jabar menyampaikan turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya.

“Saya atas nama Polda Jabar turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum saat menjalankan tugas negara. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan bersabar menghadapi ujian. Insha Allah almarhum Husnul Khatimah karena meninggal pada saat memenuhi bakti tugas kepada masyarakat dan negara,” ucap Kapolda Jabar

“Ini merupakan perjuangan tugas dari seorang Polisi yang harus meninggalkan anak istri dan akhirnya berpulang dalam bertugas.” sambungnya.

Ahmad berharap kepada seluruh anggota agar tetap bersemangat dalam bertugas, utamanya dalam melayani arus mudik ldul Fitri Tahun 2023.

“Laksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas serta sesuai prosedur untuk membantu masyarakat, dan semoga ini menjadi amal ibadah.” Ahmad menambahkan.

Baca juga: 10 Tips Selamat Berkendara Saat Berpuasa dari KNKT

Sementara itu, di lokasi sama, Kapolres Indramayu AKBP M Fahri Siregar mengatakan, Ipda Tarli meninggal saat melaksanakan tugas pengamanan arus mudik pada Minggu (16/4/2023) pagi.

Ipda Tarli tiba di Pospam Tulungagung Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu untuk melaksanakan tugas pengamanan arus mudik dan bertemu dengan petugas Pam lainnya di antaranya Aiptu Ruwita (Kanit Provos Polsek Sukagumiwang).

Ipda Tarli INS kemudikan menceritakan sedang tidak enak badan dan semalam tidak bisa tidur, Aiptu Ruwita kemudian menyarankannya agar pulang untuk istirahat. Namun sekitar 08.45 WIB, Ipda Tarli pamitan mau istirahat dulu di pospam yaitu dengan cara tidur di kursi.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Aiptu Ruwita melihat Ipda Tarli tidurnya lelap tapi dari mulutnya keluar air liur. Aiptu Ruwita sempat berusaha membangunkan namun Ipda Tirli tidak meresponsnya dan sudah tidak sadarkan diri.

Aiptu Ruwita dan empat Personel Polsek Sukagumiwang kemudian membawa Ipda Tarli ke Puskesmas Kertasemaya. Namun dikarenakan di Puskesmas Kertasemaya tidak ada dokter jaga, korban dibawa ke RS Mitra Plumbon Widasari.

“Sesampainya di RS Mitra Plumbon Widasari sekitar pukul 09.20 WIB oleh dokter jaga dinyatakan sudah meninggal dunia,” kata Kapolres Indramayu.

Jenazah Ipda Tarli INS dikebumikan di kampung halamannya di Kampung Cigembor Desa Cintawangi, Kec. Karangnungga, Tasikmalaya. (Hasanuddin)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *