HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Fatality Accident Transportation

Ngantuk, Kendaraan Pemudik Hajar Guardrail, Dua Tewas

CIREBON, HSEmagz.com – Kecelakaan demi kecelakaan terus mewarnai arus mudik Lebaran 2023. Banyak di antaranya dipicu karena pengemudi mengantuk yang memantik terjadinya microsleep.

Sebuah mobil Toyota Calya bernopol B 2817 TZG yang melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon dan berisikan para pemudik, mengalami kecelakaan fatal (fatality accident) di KM 84+500 Tol Cipali.

Kecelakaan tunggal tersebut mengakibatkan dua orang meninggal duia dan enam penumpang lainnya menderita luka cukup serius. Seorang di antara enam korban luka berat itu masih berusia balita.

Peristiwa itu terjadi justru saat diberlakukan arus satu arah (one way) di ruas jalan tol Cipali, Cirebon, Kamis (20/4/2023).

Corporate Communication ASTRA Tol Cipali, Asri Fajarwati, menjelaskan, kejadian itu bermula saat kendaraan tersebut melaju dari arah Jakarta menuju Cirebon.

Saat melintas di KM 84, diduga pengemudi kurang antisipasi karena mengantuk saat mengendalikan laju kendaraannya.

Baca juga: Kemacetan Parah dan Kecelakaan Bayangi Mudik 2023

“Kendaraan tersebut hilang kendali lalu oleng dan menabrak guardrail (pagar pengaman, red) di sekitar lokasi,” ujar Asri sebagaimana dilansir dari laman republika.co.id, Kamis (20/4/2023).

Dalam kecelakaan itu, dua orang meninggal dunia. Enam lainnya mengalami luka-luka, yakni, dua orang luka ringan dan empat orang luka berat. Satu korban luka berat masih balita.

Untuk dua korban luka ringan, dibawa ke RSUD Ciereng Subang. Sedangkan empat orang luka berat dilarikan ke RS Hamori Subang, dan dua orang meninggal dunia ke RS Rayhan Kalijati.

Asri mengimbau pengemudi untuk mengemudi dalam keadaan yang fit dan prima. Ia menyarankan agar pengemudi beristirahat jika sudah berkendara selama empat jam.

“Apabila kapasitas rest area telah memasuki batas maksimal, dapat beristirahat dengan keluar gerbang tol terdekat,’’ tegas Asri.

Baca juga: Pengemudi Stress Bawa Kendaraan Pemudik ke Jalur Rel Kereta

Tak hanya kondisi pengemudi, pengguna jalan juga diminta mengecek kondisi kendaraan masing-masing saat hendak melakukan perjalanan mudik. Pasalnya, kondisi kendaraan berperan penting dalam keselamatan berkendara.

Bus Terbalik

Sehari sebelumnya, sebuah bus terbalik setelah menabrak minibus di Km 68 jalan tol Cipularang arah Jakarta, Rabu (19/4/2023). Akibatnya enam orang luka-luka dan memantik terjadinya kemacetan cukup panjang.

Bus bernomor polisi D  7674 AM itu terguling melintang di badan jalan dan menyebabkan kemacetan panjang di Tol Cipularang jalur B.

Kepala Induk Jalan Tol Cipularang, Kompol Denny Catur mengatakan, bus yang dikemudikan Yusuf itu oleng saat melintas di Km 68 Tol Cipularang arah Bandung menuju Jakarta.

“Bus kemudian menabrak minibus bernomor polisi B 1353 T-Z-A yang ditumpangi Dede dan istrinya,” kata Denny sebagaimana dilansir dari laman kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Bus kemudian menabrak pembatas jalan dan terbalik. Posisi akhir bus yang membawa 23 penumpang itu terbalik miring dengan roda kiri berada di atas, menghadap ke barat dan menutup lajur satu dan dua.

Baca juga: Naik Lebih 200 Persen, PT Jasa Marga Bukukan Rekor Layani Arus Mudik Lebaran

Adapun posisi minibus yang ditabrak berada di bahu jalan menghadap utara. Akibat kejadian itu, dua orang mengalami luka berat dan empat luka ringan.

“Korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta,” kata Denny.

Dari hasil pemeriksaan sementara, sopir mengantuk sehingga hilang kendali. Kasus kecelakan tersebut kini ditangani Unit Gakkum Unit Laka Lantas Polres Purwakarta. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *