HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Fire & Safety Transportation

Angkut Ratusan Penumpang, KMP Royce 1 Terbakar di Selat Sunda

BANTEN, HSEmagz.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Royce 1 (IMO: 9807205, MMSI 525100336) yang tengah mengangkut ratusan penumpang dan puluhan kendaraan, terbakar di perairan Selat Sunda alur masuk Pelabuhan Merak pada koordintat 0555.547 S dan 10556.46 T, Sabtu (6/5/2023) sore.

Saat berita ini diturunkan, proses evakuasi penumpang masih berlangsung. Demikian pula upaya pemadaman api.

Tampak kapal penyelamat dari Basarnas Merak, tengah melakukan proses evakuasi terhadap para penumpang kapal.

Kepala Pos Basarnas Merak Deny Mezu membenarkan ihwal kebakaran yang menimpa KMP Royce I.

“Iya. Rekan-rekan di lapangan sedang proses evakuasi,” jawab Deny Mezu, saat dikonfirmasi.

Deny mengatakan, pihak Basarnas langsung bergerak ke lokasi terbakarnya KMP Royce I setelah mendapat informasi.

“Saat diterima informasi, tadi langsung ke lokasi dan langsung melaksanakan proses evakuasi,” sambungnya.

Dari sejumlah video pendek yang beredar, asap hitam tampak membubung tinggi ke angkasa. Ratusan penumpang tampak panik dan berkumpul di bagian belakang kapal sembari mengenakan rompi pelampung (keselamatan) berwarna oranye.

Petugas gabungan membantu penumpang untuk masuk ke atas perahu karet untuk meninggalkan lokasi KMP Royce 1.

Tim Basarnas Banten bersama Lanal Banten dan Polairud Polda Banten sertai pihak-pihak terkait terus berupaya melakukan evakuasi semua penumpang yang ada di dalam kapal.

“Sekarang kita sedang melakukan evaluasi penumpang. Untuk sementata para penumpang akan dievaluasi dermaga ASDP,” Kasi Ops Basarnas Banten Heru Amir.

Informasi diperoleh, kobaran api mulai terlihat dari arah lambung kapal yang tengah mengangkut puluhan kendaraan pada sekitar pukul 15.20 WIB. Api dengan cepat berkobar.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kasi Opa Basarnas Banten Heru Amir. Kapal yang bertolak dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak itu terbakar diduga akibat percikan api dari truk yang ada di dalam kapal.

“Baru diduga karena kita sekarang masih cek,” kata Heru saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (6/5/2023) sore.

KMP Royce 1 merupakan kapal pengangkut penumpang berjenis Ro-Ro. Dibuat tahun 2016 dengan kecapatan berlayar maksimum 0.4 knots.

Kapal yang telah mengantongi IMO IMO: 9807205 dan MMSI 525100336 ini hanya boleh berlayar di perairan Indonesia. (Hasanuddin)

 

 

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *