HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Insight Personal

Supandi, K3 Urusan dan Tanggung Jawab Kita Semua (3)

JAKARTA, HSEmagz.com – K3 menyangkut aturan. Bicara soal aturan, masyarakat Indonesia punya penilaian yang menurut Supandi aneh. Aturan menjadi sesuatu yang ditakuti, sehingga orang-orang berusaha untuk mematuhinya.

Tapi sekadar memenuhi aturan (compliance) sehingga ada sikap kepura-puraan, kepalsuan. Sikap ini justru akan menjadi awal dari segala bentuk pelanggaran aturan sekaligus membuka pintu bagi kedatangan malapetaka.

Aturan dan SOP kemudian juga menjadi beban. Padahal aturan dan SOP dibuat untuk membereskan atau menyelesaikan ketidakteraturan.

Aturan bukan untuk ditakuti dan dijadikan beban tetapi dijadikan keyakinan bahwa dengan aturan, bisa menyelesaikan sesuatu dengan baik sehingga kita bisa terhindar dari segala hal yang tidak diharapkan.

Pada sisi lain, aturan juga mesti dibuat sehingga mudah dimengerti dan dipahami sehingga aturan bisa dilaksanakan setiap orang dengan perasaan senang (happy).

Aturan harus dibuat dan disusun untuk memberikan kesadaran sehingga orang yang melaksanakan aturan akan dengan penuh kesadaran menjalankan dan mematuhinya.

Baca juga: Supandi, Mabuk Ikan Patin (1)

Sarjana Teknik Metalurgi ini mengritisi soal sanksi dalam aturan yang acap ‘dipermainkan oknum’. Tingkah tak terpuji ini justru hanya akan merusak tujuan dari dibuatnya aturan itu sendiri.

“Mari kita membuat aturan yang mudah dipahami, dilaksanakan, kemudian orang itu happy melaksanakannya. Jangan sampai saat membuat aturan diselipkan keuntungan pribadi. Nah, kalau di awal membuat aturan untuk membuat keuntungan kelompok atau golongan, ini yang akan merusak budaya kita,” ujarnya.

K3 juga bukan alat pelengkap (supporting), yang hanya dibutuhkan ketika terjadi insiden dan kecelakaan. Pun demikian dengan anggapan bahwa K3 hanya urusan petugas K3 yang berseragam merah.

K3 adalah kebutuhan, yang menjadi urusan dan tanggung jawab kita semua. Baik di perusahaan maupun dalam lingkungan sosial kemasyarakatan hingga di lingkungan rumah.

Baca juga: Supandi, Hakikat K3 Adalah Memanusiakan Manusia (2)

Supandi tak segan untuk berbagi ilmu K3 dengan dan kepada siapa saja. Tak terkecuali di lingkungan sekolah cucunya di Bandung.

Di sekolah sang cucu, Supandi tanpa diminta para guru, mengajar tentang dasar-dasar K3 kepada anak-anak, yang tentunya disesuaikan dengan usia para siswa.

Tak hanya dasar-dasar K3, di sekolah sang cucu, Supandi juga mengajarkan tentang lingkungan. Materinya adalah hal-hal sederhana dan ada dalam kehidupan sehari-hari. (bersambung/Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *