HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events Oli & Gas

SMILE, Komitmen Pimpinan PTK dalam Transformasi Budaya Safety

JAKARTA, HSEmagz.com – Komitmen merupakan salah satu elemen amat penting dalam memastikan seluruh kebijakan terkait K3L (HSE) terimplementasi dengan baik dan benar di seluruh lini perusahaan.

Tanpa komitmen yang kuat, aspek HSE akan berjalan tanpa arah dan sekadar pemenuhan regulasi (compliance) semata.

Setiap perusahaan atau instansi memiliki cara tersendiri dalam upaya menjadikan HSE sebagai sebuah kebutuhan di perusahaannya masing-masing.

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mengembangkan SMILE sebagai singkatan dari Safety Minded Lead by Example.

“SMILE merupakan komitmen safety para pimpinan di Pertamina Trans Kontinental,” kata Slamet Harianto, Direktur Operasi PT Pertamina Trans Kontinental saat penjurian ajang Health, Safety, and Environmental Indonesia Award (HSEIA) 2023 yang diselenggarakan secara daring, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Wakil Ketua DK3N, Memperjuangkan K3 Harus Dilakukan Bersama-sama

Lantas, siapa yang disebut pimpinan di PTK?

Menurut Slamet, secara struktural, pimpinan merupakan personel (baik pekerja maupun mitra kerja) yang berdasarkan posisi dan jabatannya memiliki anggota tim yang melapor kepadanya.

Secara umum, katanya, setiap individu merupakan pimpinan bagi dirinya sendiri. “Konteks pimpinan terkait budaya safety tidak terbatas pada direksi, VP, GM, maupun manager. Pemimpin adalah faktor tunggal terbesar dalam memastikan transformasi budaya safety,” kata Slamet yang saat penjurian didampingi Bakhtiar Nofti Cahyono (VP HSSE) dan Dwi Indra Kuntoadji (Pjs VP Legal & Operation).

Dewan juri yang hadir saat itu adalah Satrio Pratomo, Supandi, dan Hasanuddin yang merangkap sebagai moderator.

Lebih lanjut Slamet menjelaskan bahwa peran para pimpinan di PTK ada empat hal. Yaitu komitmen, role model, mengarahkan, dan memastikan.

Komitmen menyangkut penetapan kebijakan tata kerja dan sistem kerja, dan keterlibatan dan visibilitas pada program-program HSSE di PT PTK.

Peran pimpinan PTK sebagai role model meliputi pelaksanaan program HSSE transko forum, kegiatan MWT (Management Walk Through), peran aktif dalam kampanye, dan keterlibatan dalam pelatihan aspek HSSE.

Sedangkan peran pimpinan PTK dalam mengarahkan meliputi  kegiatan : (a) memberikan arahan, fokus kerja, prioritasi, dan alokasi sumber daya terkait implementasi HSSE, dan (b) memberikan motivasi/dorongan untuk lebih baik.

Sementara peran pimpinan PTK dalam memastikan mencakup kegiatan : (a) memastikan pengelolaan HSSE dalam Rapat Tinjauan Manajemen, dan (b)  evaluasi kinerja HSSE dalam berbagai rapat, BOD Weekly Meeting, Monthly BOD/BOC Meeting, Rapat P2K3 tiap kuartal, dll.

Pada kesempatan itu, Slamet juga memaparkan program digitalisasi HSSE yang dilaksanakan di PT PTK. Antara lain membuat program aplikasi bernama SHEVIA yang merupakan singkatan dari Safety Health Education Virtual Immersive Application.

“SHEVIA adalah aplikasi simulasi pelatihan dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR),” katanya.

HSE Indonesia Award 2023

Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan mengatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (corporate) dan bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional (individual).

Dikatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang HSE dan merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU), sebuah perusahaan grup media yang sudah sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan awarding (Digitech Award, GRC, dsb).

“HSEIA 2023 diselenggarakan dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” kata Irnanda, Chairman PT MMU.

Menurut Irnanda, untuk gelaran tahun 2023 yang merupakan agenda pertama, HSEIA 2023 mengambil tema : SAFETY EXCELLENCE FOR BUSINESS SUSTAINABILITY.

“Tema gelaran ini disesuaikan dengan tema Bulan K3 Nasional 2023 yang dicanangkan pemerintah yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di setiap Tempat Kerja,” katanya. (Faqih/Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *