HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events

PT Torishima Guna Indonesia Jadikan K3L Sebagai Nilai Dasar Perusahaan

JAKARTA, HSEmagz.com – Sebagai perusahaan yang memroduksi pompa dan sistem pemompaan, termasuk standar dan custom, PT Torishima Guna Indonesia menjawab tantangan industri yang terus berkembang.

Dengan menggunakan fasilitas manufaktur yang canggih, PT Torishima Guna Indonesia mampu memroduksi jajaran produk pompa industri kelas dunia termasuk End Suction, Multi-Stage High Pressure, Double Suction dan Vertical Mixed Flow Pumps.

Demi mewujudkan visi sebagai perusahaan manufaktur pompa kelas dunia yang berkomitmen pada keunggulan, Torishima Guna Indonesia terus meningkatkan berbagai lini aspek dalam perusahaan, termasuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan atau K3L.

“Torishima Guna Indonesia berkomitmen untuk selalu mengutamakan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan. Nilai dasar perusahaan kami menyatakan dengan jelas bahwa karyawan adalah aset utama perusahaan yang terpenting,” ujar General Manager PT Torishima Guna Indonesia, Deni Wendiaman dalam penjurian HSE Indonesia Award 2023, Jumat (9/6/2023).

Baca juga: PT KAI, Safety Jadi Bagian DNA Perusahaan

Deni mengatakan, untuk mewujudkannya, Torishima Guna Indonesia mengimplementasikan Sistem Manajemen K3 dengan sertifikasi ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 & OHSAS 18001:2007.

Dengan sistem ISO yang terintegrasi, Torishima Guna Indonesia mengupayakan seluruh aspek pekerjaan memenuhi sisi quality, health, safety and environment (QHSE) guna menjamin mutu produk serta tercapainya zero accident.

“Untuk mencapai tujuan ini kami bertekad mematuhi semua peraturan perundangan tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan dan persyaratan lainnya yang sesuai dengan ruang lingkup kegiatan perusahaan,” kata Deni.

DENI WENDIAMAN

Selain itu, lanjut Deni, Torishima Guna Indonesia juga bekerja sama secara aktif dengan instansi-instansi pemerintah atau institusi profesional lainnya untuk menjamin pemecahan masalah secara tepat waktu, wajar dan hemat biaya.

“Kami merancang, membangun, mengoperasikan dan memelihara semua fasilitas agar tetap mengikuti standar yang berlaku, praktik engineering yang benar, serta menerapkan prinsip-prinsip manajemen risiko dalam menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat serta memperkecil risiko atau mencegah pembuangan limbah minyak dan zat berbahaya lainnya ke udara, air dan tanah. Selain itu, kami melatih karyawan dalam kebijakan, prosedur, praktik dan undang-undang yang berhubungan dengan kewajiban yang dibebankan kepadanya dengan penekanan pada tanggung jawab individu terhadap manajemen keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan,” lanjut Deni.

Baca juga: SMILE, Komitmen Pimpinan PTK dalam Transformasi Budaya Safety

Deni mengatakan, dalam upaya menjaga aspek QHSE dalam lingkungan perusahaan, Torishima Guna Indonesia melaksanakan riset terhadap aspek – aspek yang mempengaruhi pekerja seperti ergonomi kerja, hygine industry, suhu dan kelembaban pabrik, waste management serta safety tools & engineering control.

Safety activities yang meliputi keselamatan dan kesehatan kerja kami meliputi donor darah, medical check up, safety patrol, inspections, safety meeting, bulletin dan poster, simulasi tanggap darurat, external audit dan juga swapantau lingkungan,” ungkap Deni.

HSE Indonesia Award 2023

Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan mengatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (corporate) dan bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional (individual).

Dikatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang HSE dan merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU), sebuah perusahaan grup media yang sudah sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan awarding (Digitech Award, GRC, dsb).

“HSEIA 2023 diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” kata Irnanda, Chairman PT MMU.

Baca juga: Wakil Ketua DK3N, Memperjuangkan K3 Harus Dilakukan Bersama-sama

Menurut Irnanda, untuk gelaran tahun 2023 yang merupakan agenda pertama, HSEIA 2023 mengambil tema : SAFETY EXCELLENCE FOR BUSINESS SUSTAINABILITY.

“Tema gelaran ini disesuaikan dengan tema Bulan K3 Nasional 2023 yang dicanangkan pemerintah yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di setiap Tempat Kerja,” katanya. (Ahmad Faqih Zuhair)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *