HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Nasional

PT Waruna Shipyard Indonesia Raih Penghargaan HSE Indonesia Award 2023

JAKARTA, HSEmagz.com – PT Waruna Shipyard Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam ajang Health, Safety, and Environment Indonesia Award (HSEIA) 2023 yang diselenggarakan Majalah HSE di Hotel Bidakara, Jakarta pada Jumat (16/6/2023).

Waruna Shipyard Indonesia berhasil meraih penghargaan dengan kategori The Best Safety Induction 2023 dengan 3 Star Silver.

Ajang penghargaan bergengsi yang mengangkat tema “Safety Excellence For Business Sustainability” itu diberikan kepada Waruna Shipyard Indonesia karena dinilai dewan juri telah berhasil dalam upaya membudayakan HSE, sehingga aspek HSE dapat diimplementasikan dengan baik dan benar serta berkelanjutan.

Pada kesempatan sebelumnya, HSE Manager Waruna Shipyard Indonesia, Budi Fahrudin mengatakan untuk implementasi budaya safety di perusahaan, Budi mengatakan Waruna Shipyard Indonesia memiliki kebijakan QHSE yang mengatur tentang kualitas, kesehatan keselamatan kerja dan juga lingkungan hidup.

“Kami memiliki kebijakan larangan pemakaian obat dan alkohol, lalu kebijakan tentang penerapan keamanan yang terstandarisasi oleh ISPS Code, kebijakan tentang kewajiban pemeliharaan aset dan pemantauan aset perusahaan, kebijakan tentang komitmen terhadap peran tugas dan tanggung jawab yang jujur dan bersih pada kewenangan yang diberikan perusahaan, dan bahkan kebijakan tentang implementasi kerja yang aman dan terhindar dari risiko kejahatan digital yang berdampak terhadap perusahaan,” jelas Budi.

Khusus untuk implementasi HSE sendiri, Budi mengatakan semaksimal ini dapat diterapkan dan terus dipantau dengan berbagai macam situasi.

“Seperti prosedur manajemen risiko dan peluang prosedur komunikasi prosedur permit to work, prosedur manajemen lingkungan dan limbah, prosedur perencanaan K3LH project, prosedur inspeksi dan pengujian prosedur tanggap darurat dan prosedur pengendalian material, prosedur investigasi insiden, prosedur tinjauan manajemen prosedur audit internal dan juga prosedur keberlangsungan perusahaan dan strategi bisnis” lanjut Budi.

Ajang penghargaan bergengsi yang mengangkat tema “Safety Excellence For Business Sustainability” itu diberikan kepada Pupuk Sriwidjaja karena dinilai dewan juri telah berhasil dalam upaya membudayakan HSE, sehingga aspek HSE dapat diimplementasikan dengan baik dan benar serta berkelanjutan.

Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan mengatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (corporate) dan bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional (individual).

Dikatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang HSE dan merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU), sebuah perusahaan grup media yang sudah sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan awarding (Digitech Award, GRC, dsb).

“HSEIA 2023 diselenggarakan dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” kata Irnanda, Chairman PT MMU.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *