HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events Nasional

Alm Suma’mur PK Raih Lifetime Achievement Award 2023

JAKARTA, HSEmagz.com – H Raden Dr dr Suma’mur Prawira Kusumah (PK), MSc, SpOK adalah legenda K3 Indonesia.

Perhatiannya terhadap aspek K3 sudah dimulai ketika masih duduk di bangku Sekolah Rakyat (SR) di zaman Jepang (1942 – 1949). Kala itu ia menyaksikan penderitaan yang dialami para pekerja kebun karet di kampung halamannya di Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menjadi pekerja, tak seindah yang dibayangkannya. Setiap hari, Suma’mur kecil disuguhi pemandangan menyayat hati. Para pekerja kebun karet itu kurus kering, bekerja setiap hari tanpa mengenakan baju apalagi alas kaki. Banyak yang sakit.

Sejak itu, Suma’mur kecil bertekad untuk menjadi seorang dokter yang memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan pekerja.  Tekadnya itu benar-benar diwujudkan. Ia menjadi seorang dokter yang mengkhususkan diri pada kesehatan kerja.

Baca juga: SUMA’MUR PK : Bola Karet Sang Legenda (1)

Baca juga: SUMA’MUR PK : Bola Karet Sang Legenda (2)

Pada 1964, Suma’mur menggelindingkan konsep yang memadukan dunia kedokteran dan teknik, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes), kerjasama antara stetoskop dan mistar hitung. Konsep ini hingga sekarang masih digunakan dan menjadi rujukan siapapun yang meminati ilmu K3.

Suma’mur PK kini telah tiada. Beliau dipanggil Sang Khalik pada 2 Juli 2022 di saat usianya 88 tahun enam bulan, meninggalkan seorang istri, empat anak, 10 cucu, dan empat cicit.

Hj Rochela Suma’mur (kiri) dan putri ketiganya, Hj Ratna Puspa Ratih Sari.

Guna menghormati segala jasa almarhum terhadap dunia K3 Indonesia, HSE Magazine bekerjasama dengan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N), memberikan penghargaan Lifetime Acheivement Award kepada almarhum Suma’mur PK di ajang Health, Safety, and Environment Indonesia Award (HSEIA) 2023 yang diselenggarakan di Ruang Bina Kirana Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (16/6/2023) malam.

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi yang luar biasa kepada almarhum Suma’mur PK atas jasa-jasanya selama ini terhadap perkembangan dan kemajuan dunia K3 di Indonesia.

Penghargaan yang diserahkan oleh Chairman PT Media Madani Ultima (MMU) Irnanda Laksanawan didampingi Supandi itu diterima langsung oleh istri almarhum Suma’mur PK, Hj Rochela Suma’mur.

Mengenakan busana warna merah, Hj Rochela Suma’mur tampak masih cantik di usianya yang akan menapaki 83 tahun pada Oktober 2023.

Malam itu, Hj Rochela ditemani putri ketiganya, Hj Ratna Puspa Ratih Sari dan suaminya, Budi Listyanto.

Atas penghargaan tersebut, Hj Rochela Suma’mur mengucapkan terima kasih kepada HSE Magazine dan DK3N.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada HSE Magazine dan DK3N, yang ternyata masih ingat Bapak. Hanya itu yang bisa saya sampaikan,” kata Hj Rochela kepada HSEmagz.com. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *