HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Potret PT IWIP di Halmahera (Asia Today).
Fatality Accident

Pekerja PT IWIP Tewas Terkena Ledakan Ban Loader

JAKARTA, HSEMagz.com – Seorang karyawan dari PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, bernama Ari Rudin, dikabarkan meninggal dunia dalam kecelakaan kerja. Insiden tersebut terjadi pada Minggu sore (20/8).

Kecelakaan tersebut diduga terjadi akibat ledakan ban alat berat jenis loader yang ia perbaiki. Ari bekerja sebagai mekanik tire di Departemen Workshop IWIP. Berdasarkan informasi yang diterima, ia adalah seorang warga dari Waiheru Kampung Kelapa, Kota Ambon, Maluku.

Yadhie Vam Matdoan, seorang pengguna akun Facebook, memberikan informasi awal mengenai kejadian ini. Matdoan menyampaikan bahwa Ari meninggal dunia akibat ledakan ban loader. Dalam postingannya, ia menjelaskan bahwa korban kehilangan tangan kanan dan kepala akibat ledakan tersebut.

“Ban loader meledak, akibatnya korban kehilangan tangan kanan dan kepala,” tulis Matdoan dalam akun Facebook miliknya dikutip HSE Magazine Senin (21/08).

Informasi yang diungkapkan oleh Matdoan menyebutkan bahwa kecelakaan terjadi saat Ari sedang melakukan pengisian angin pada ban loader. Saat kejadian, korban berada di atas ban mobil yang akan diperiksa dan diisi angin. Namun nahas, ledakan tersebut mengakibatkan cedera parah yang berujung kepada kematian Ari.

Insiden ini mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga keselamatan di tempat kerja, terutama ketika bekerja dengan alat berat dan mesin industri.

Perusahaan harus secara aktif menjalankan protokol keselamatan yang ketat dan melakukan pemeriksaan rutin pada peralatan untuk mencegah insiden serupa terjadi di masa mendatang.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *