HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.
Safety, Health, & Environtment

Seorang Pekerja Pabrik Sawit di Sumbar Tewas Kecelakaan Kerja

JAKARTA, hsemagz.com – Seorang pekerja pabrik sawit di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengalami kecelakaan kerja pada Rabu malam, (13/9). Korban bernama Jansen Victor Siagian (20 tahun), yang bekerja sebagai Pembantu Mekanik di perusahaan Pabrik Sawit PT TKA Jorong Mangun Jaya di Kabupaten Dharmasraya.

Kapolsek Sungai Rumbai, AKP Suyanto menjalaskan, kecelakaan kerja tersebut terjadi saat korban dan temannya, E. Mardison, sedang membantu operator untuk membersihkan jenjang kosong di Bans Cruser. Mereka membuka penutup samping kiri dan kanan mesin dengan mesin dalam keadaan mati.

“Kemudian korban beserta temannya menutup kembali penutup Bans Cruser yang sebelah kiri, dibantu operator dan sewaktu menutup Bans Cruser sebelah kanan,” ujar AKP Suyanto.

Insiden kecelakaan terjadi saat korban dan E. Mardison mencoba menutup penutup Bans Cruser sebelah kanan dengan menggunakan alat bantu cotrek.

Korban naik ke atas Bans Cruser untuk mencantolkan cotrek tersebut, namun tiba-tiba mesin menyala secara tiba-tiba yang membuat korban terjatuh ke dalam Bans Cruser.

Rekan kerja korban segera berteriak untuk mematikan mesin, dan korban dievakuasi dari mesin tersebut. Mereka membawa korban ke klinik kesehatan milik PT TKA, namun sayangnya, nyawa korban tidak bisa diselamatkan.

AKP Suyanto menegaskan bahwa peristiwa ini adalah murni kecelakaan kerja.

“Peristiwa tersebut murni kecelakaan kerja, dan kami mengimbau utamakan keselamatan dalam melakukan aktivitas dalam bekerja,” pungkas AKP Suyanto.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *