HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Safety, Health, & Environtment

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) Raih Penghargaan K3 Dunia

JAKARTA, hsemagz.com – PT Putra Perkasa Abadi (PPA), sebuah kontraktor pertambangan yang khusus bergerak dalam penyewaan alat berat, penyedia jasa pemindahan tanah dan  pertambangan, meraih penghargaan K3 Dunia dari World Safety Organization (WSO) untuk kategori perusahaan yang peduli K3 (Concerned Company/Corporation Award).

Penghargaan bergensi tingkat dunia tersebut diberikan WSO kepada PT PPA karena perusahaan dinilai telah menerapkan program-program safety secara ekselen, memiliki safety track record yang baik hingga program pengembangan masyarakat dan lingkungan.

Penghargaan diterima langsung oleh PPA yang diwakili Direktur HCGA, R Teguh Sapto Subroto di sela-sela ajang 35th International Safety & Health Symposium yang dihelat WSO pada 2 – 4 Oktober 2023 di Odessa, Texas, Amerika Serikat.

“Penghargaan ini merupakan bukti dari komitmen kami melaksanakan kegiatan pertambangan dengan kaidah teknis yang baik dan berkelanjutan guna meninggalkan jejak alam seminimal mungkin dan menciptakan lingkungan kerja sehat dan aman bagi karyawan dan masyarakat. Tak hanya itu PPA juga berkomitmen terus peduli terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat,” kata Teguh usai menerima penghargaan, sebagaimana dilansir dari laman ppa.co.id.

Baca juga : Dua Milenial Raih Penghargaan dari WSO Indonesia

Secara seremonial, perolehan penghargaan K3 Dunia dari WSO itu diselenggarakan WSO Indonesia dalam ajang WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2023 di Gedung Patra Jasa, Rabu (18/10/2023).

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli dan diterima PT PPA yang diwakili Adri Thanada, Stakeholder Relation – Corporate Communication PT PPA.

“Semua berjalan mengalir saja. Yang penting kami melakukan yang terbaik di perusahaan. Jika kemudian apa yang kami lakukan ini mendapat apresiasi dari pihak ketiga, itu menjadi semacam bonus bagi kami. Tapi yang terpenting adalah, bagaimana operasional karyawan di lapangan bisa berjalan dengan selamat dan sehat,” kata Adri saat ditemui usai menerima penghargaan.

Selain menerima penghargaan dari WSO pusat, dalam ajang itu juga Adri Thanada menerima penghargaan dari WSO Indonesia untuk kategori WSO Concerned Professional Award sebagai Professional Award for Enthusiasm ERT.

Adri Thanada (kedua dari kanan) saat menerima penghargaan dari WSO Indonesia untuk kategori WSO Concerned Professional Award sebagai Professional Award for Enthusiasm ERT di Jakarta, Rabu (18/10/2023). (Foto: Hasanuddin)

Dalam hal ERT (Emergency Response Team), kata Adri,  ERT PPA selama tiga tahun berturut-turut (2021-2023) menjadi Juara Umum dalam event Indonesia Fire Rescue Challenge/Competition. Selain itu juga mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak di Indonesia, termasuk WSO Indonesia.

Perolehan penghargaan K3 tingkat dunia dari WSO, kian menambah daftar panjang raihan penghargaan yang diberikan WSO Indonesia kepada PPA sebelumnya. Pada Februari 2023, PPA mendapatkan penghargaan dari WSO Indonesia Safety Culture Awards (WISCA) 2023 untuk kategori Concerned CEO Awards untuk CEO PPA Christianto Setyo.

Masih dalam ajang yang sama, PPA juga meraih penghargaan Concerned OSH Mining dan Penghargaan Gold Bintang 4 dalam Kategori Penghargaan Who Has Implemented Safety Culture Program within Their Organization.

Raihan penghargaan tersebut direngkuh PPA karena dinilai berhasil dalam menjaga komitmen untuk menjalankan dan menjadikan K3 sebagai budaya perusahaan.

Menurut Adri, PPA juga dinobatkan sebagai The Best UJP (Usaha Jasa Pertambangan) Terbaik di Indonesia selama dua tahun berturut-turut dari Kementerian ESDM.

PPA berkomitmen untuk terus mengupayakan penerapan K3 di seluruh lokasi operasional guna membangun lingkungan kerja aman dan sehat.

Didirikan pada 2002, PT PPA yang bergerak dalam empat bidang usaha (Over Burden Removal, Coal & Mineral Mining, Port Management, dan Coal/Ore Hauling& Road Management)   terus melakukan inovasi pada program-program ESG yang dilakukan perusahaan untuk kelestarian lingkungan hidup dan sosial di sekitar lokasi operasional. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *