HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Insight

Dorong Content Creator Masuk Ekosistem Virtual, Anak Usaha WIR Group Luncurkan ‘Nusameta Creator Tools’

JAKARTA, hsemagz.com – Dalam rangka mendorong content creator untuk memasuki ranah metaverse, Nusameta (PT Metaverse Indonesia Makmur), anak perusahaan WIR Group, resmi meluncurkan Nusameta Creator Tools yang memungkinkan para content creator membangun experience dan interaksi di dalam ekosistem virtual Nusameta.

Gupta Sitorus, selaku Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group mengungkapkan, ‚ÄúNusameta Creator Tools, akan menjadi sarana bagi para content creator untuk terlibat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta. Creator Tools mendorong keterlibatan para content creator, komunitas dan semua elemen masyarakat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta yang kami harap juga bisa menciptakan sense of belonging terhadap ekosistem virtual ini,”

Melalui tools ini, lanjut Gupta, para content creator dapat berkreasi menciptakan berbagai macam pengalaman, konten yang menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi pengguna Nusameta. Inisiatif ini juga disebutnya sejalan dengan visi dan misi Nusameta dalam memperluas adopsi penggunaan ekosistem virtual di Tanah Air.

Gupta menjelaskan, ekosistem Nusameta merupakan sebuah wadah yang bersifat dinamis dan interaktif dengan tujuan untuk meningkatkan peluang ekonomi, hiburan, engagement, dan pengalaman. Fokus utama Nusameta sendiri adalah meningkatkan konektivitas dan berkontribusi pada masa depan ekonomi yang lebih adil bagi Indonesia.

Selain sebagai sebuah perangkat kreatif, Nusameta Creator Tools juga memfasilitasi pengembangan, pengelolaan, dan peningkatan pengalaman pengguna melalui aplikasi Nusameta. Sesuai visi jangka panjang Nusameta untuk berkontribusi pada masa depan ekonomi bangsa yang lebih baik dan berkelanjutan, penggunaan Nusameta Creator Tools secara efektif disebutnya dapat meningkatkan visibilitas sekaligus mengoptimasi kinerja konten secara keseluruhan dalam rangka mendukung transformasi digital yang berkelanjutan, dengan tetap menjunjung nilai-nilai dan budaya kebangsaan.

Gupta mencontohkan bagaimana content creator dapat berperan untuk melestarikan nilai dan budaya bangsa sejalan dengan transformasi digital Indonesia, antara lain dengan membuat konten yang menarik dan interaktif terkait promosi dan pelestarian warisan budaya Indonesia.

Menurutnya, para content creator tersebut dapat menciptakan konten yang mendokumentasikan, mengulas, atau mengenalkan tradisi, cerita rakyat, seni, dan nilai-nilai budaya Indonesia kepada khalayak yang lebih luas. Dengan melibatkan audiens, mereka membantu mewariskan pengetahuan budaya dari generasi ke generasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Gupta menambahkan “Kami merasa sangat terhormat dan terinspirasi oleh respon yang luar biasa dari komunitas kreator yang telah memilih untuk bergabung dengan ekosistem virtual kami. Saat ini, ribuan kreator aktif terlibat dalam ekosistem virtual kami,”

Gupta pun meyakini bahwa kolaborasi yang erat dengan para kreator menjadi kunci untuk menciptakan pengalaman yang imersif di dunia virtual. Lebih dari itu, Gupta menyebutkan bahwa pihaknya memahami sepenuhnya peran penting content creator dalam mewujudkan visi Nusameta.

“Dengan tekad yang kuat, kami akan terus menyediakan dukungan yang diperlukan oleh para kreator tersebut dalam proses perjalanan kreatif mereka,” pungkas Gupta.

Sebagai infomasi, berbagai fitur yang akan ditawarkan melalui ekosistem virtual Nusameta antara lain adalah sebagai berikut:

  • Betapersona untuk menciptakan avatar, serta mengkostumisasi identitas virtual pengguna.
  • Nusastudio, menawarkan kemudahan dalam pembuatan dunia virtual seperti scripting visual, pengaturan aset, impor aset, publikasi ke platform, dan fitur-fitur lainnya.
  • Nusamarket, market place berbasis blockchain yang dapat mengelola semua jenis transaksi dalam ekosistem Nusameta.
  • Nagara, infrastruktur blockchain yang dapat menggerakkan seluruh ekosistem Nusameta.
  • Betapass atau identitas virtual Nusameta, memiliki fungsi sebagai akses menuju kedalam ekosistem Nusameta.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *