HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events

Juri HCPA 2023 Sebut Integrasi AI Dimulai dari Human Capital

JAKARTA, businessnews.co.id – Ir. Haryono, MSc, PhD, seorang akademisi yang tergabung dalam jajaran dewan juri pada ajang Human Capital & Performance Award (HCPA) 2023 mengungkapkan bahwa human capital menjadi aspek yang penting. Menurutnya, setiap pengalaman empiris terkait perkembangan ilmu pengetahuan selalu berawal dari sisi sumber daya manusia (SDM).

“Tema award yang diambil oleh panitia luar biasa, yaitu ‘Strategic Integration of Digital Technology & AI in HR Operations”, dimana kita tahu setiap ada teknologi baru, selalu pengalaman empiris harus dimulai dari human capital, termasuk terkait AI (artificial intelligence) yang belakangan sangat intensif dibicarakan semua kalangan,” katanya dalam sambutan di malam penganugerahan HCPA 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (29/11).

Jajaran dewan Juri HCPA 2023 kagum, sambungnya, karena para peserta begitu serius mempersiapkan tim dan materi presentasi dalam proses penjurian gelaran penghargaan ini. Menurutnya, event HCPA 2023 bukan hanya sebatas ajang penghargaan, tetapi juga menjadi bagian dari proses menuju implementasi human capital yang berkelanjutan.

Secara total, Sebanyak 38 perusahaan yang terdiri dari 29 BUMN, 2 BUMD dan 7 Swasta berhasil mendapatkan penghargaan di ajang HCPA 2023. Para pemenang penghargaan ini dijaring dari sekitar 300 perusahaan dari BUMN, BUMD, dan Swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun implementasi human capital dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Ajang yang mengusung tema “Strategic Integration of Digital Technology & AI in HR Operations: Enhancing Human Capital Management Through Data-Driven Insights” ini bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), PMSM Indonesia, CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), University of Glasgow UK, University of Exeter UK dan lainnya.

Berdasarkan evaluasi dan penilaian para pakar dan profesional di bidang Human Capital, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri HCPA 2023 dalam proses penjurian, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah mengimplementasikan transformasi digital yang terintegrasi dalam pengembangan dan pengelolaan human capital.

Ketua Penyelenggara Human Capital & Performance Award 2023, Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang human capital dengan tujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital serta mengukur dan menilai kinerja sekaligus keefektivitasan strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel dan menjadi penyeimbang daya saing sebagai negara di pasar domestik maupun internasional.

“Award ini juga bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional untuk melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, dalam menjalankan bisnis perusahaan”, kata Irnanda.

Lebih lanjut, Haryono mengungkapkan bahwa para peserta HCPA 2023 secara keseluruhan telah memanfaatkan perkembangan teknologi digital ke dalam sistem manajemen human capital mereka.

“Secara teknis, para peserta sudah ahli. Dalam mengelola HC, kami dewan juri melihat bahwa para peserta perusahaan HCPA 2023 sudah memanfaatkan teknologi digital yang luar biasa,” pungkas Haryono dalam sambutannya.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *