HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Nasional

Forum QHSE BUMN Konstruksi dan CESGS Unair Kembangkan 3 Hal Terkait ESG

Surabaya, hsemagz.com – Aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) kini sedang menjadi tren global. Lewat aspek ini, jagat industri di seluruh dunia diharapkan untuk lebih peduli terhadap aspek lingkungan dan sosial demi kehidupan yang keberlanjutan bagi generasi mendatang.

Terkait hal itu, Forum QHSE BUMN Konstruksi menggalang kerjasama dengan Center for Environmental, Social, Governance and Sustainability (CESGS) Universitas Airlangga (Unair) terkait ESG.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) antara Forum QHSE BUMN Konstruksi dan CESGS Unair. Penandatanganan MoU kedua belah pihak dilakukan langsung oleh Ketua Umum Forum QHSE BUMN Konstruksi Ir Subkhan, MPSDA, IPU, ASEAN Eng dan ketua CESGS Prof Iman Harymawan, SE, MBA, PhD (Guru Besar Unair) dengan disaksikan para pengurus kedua belah pihak.

Penandatangan MoU dilakukan di kantor CESGS di gedung ASEEC (Airlangga Sharia and Enterpreneurship Education Center) Tower Unair, Kampus B Unair, Surabaya, Selasa (23/1/2024).

Dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan ke redaksi, Subkhan mengatakan bahwa ada tiga hal utama yang akan dilakukan dalam MoU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak tersebut.

Yaitu penyelenggaraan even implementasi ESG baik nasional maupun internasional (national and international event in ESG implementing), melakukan penelitian bersama terkait ESG (joint research in ESG), dan peningkatan kapasitas dan pusat penilaian dalam keahlian ESG (capacity building and assesment center in ESG expertises).

“Dari kegiatan ini diharapkan Forum QHSE dan Unair menjadi pionir dalam pusat studi dan riset implementasi ESG yang optimal untuk daya saing dan keberlangsungan bisnis dan sosial serta lingkungan di semua sektor,” kata Subkhan.

Sebelumnya, CESGS sudah membuat pedoman implementasi ESG dengan Bappenas dan telah menyelesaikan score card implmentation ESG bekerjasama dengan EY. (*/Hasanuddin)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *