HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Education

Perkenalkan K3 Sejak Dini, Forum QHSE BUMN Gelar ‘TODAY Goes to School’

Jakarta, hsemagz.com – Upaya mewujudkan terciptanya budaya K3 di masyarakat, bukan pekerjaan mudah, semudah membalikkan telapak tangan, dan bisa terlaksana secara instan. Butuh waktu dan proses nan panjang serta harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Salah satu proses tersebut adalah memperkenalkan aspek K3 sejak dini kepada masyarakat, sebagaimana dilakukan Forum QHSE BUMN Konstruksi melalui kegiatan bertajuk TODAY Goes to School.

TODAY (Talking Occupational, Health, and Safety) Goes to  School merupakan satu dari serangkaian acara program  yang diusung Forum QHSE BUMN Konstruksi dalam rangka memperkenalkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sejak dini kepada masyarakat.

Menggandeng Nippon Paint Indonesia dan Damkar Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Forum QHSE BUMN Konstruksi menggelar TODAY Goes to School di MAN 4 Jakarta Timur pada Rabu (7/2/2024).

Menurut Ngadi WR, Ketua Panitia dari Forum QHSE BUMN Konstruksi, ada beberapa kegiatan yang digelar di MAN 4.

“Di antaranya edukasi K3 kepada para siswa sekolah, edukasi mengenai teori terbentuknya api, simulasi pengendalian bencana kebakaran menggunakan kain yang dibasahi air, dan simulasi kegiatan bencana kebakaran menggunakan APAR dry powder (CO2),” kata Ngadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Kamis (8/2/2024).

Kegiatan tersebut mendapat antusias dari para siswa dan para tenaga pendidik di lingkungan MAN 4.

“Kegiatan ini ditutup dengan pemberian pengahargaan simbolis dari Forum QHSE BUMN Konstruksi kepada MAN 4 Jakarta yang bersedia untuk turut andil dalam rangkaian kegiatan yang bersifat edukatif berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No 244 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehetan Kerja Nasional 2024,” kata Ngadi.

Dikatakan, TODAY merupakan wujud komitmen kolektif untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Dalam pelaksanaannya, TODAY terdiri dari serangkaian kegiatan.  Salah  satunya adalah kegiatan TODAY Goes to School.

“Pelaksanaan TODAY Goes to School menjadi langkah konkret Forum QHSE BUMN Konstruksi dalam mewujudkan misi K3 di kalangan siswa sekolah. Mengangkat budaya K3 tidak hanya dalam konteks perkantoran atau proyek konstruksi,  kegiatan ini menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan keselamatan kepada  siswa,” katanya.

Simulasi kebencanaan disampaikan oleh pemateri yang merupakan para pekerja dari proyek konstruksi dengan memberikan gambaran aktual dari lapangan serta  menunjukkan profesionalisme dalam penanggulangan bencana.

“Melalui TODAY Goes to School, diharapkan siswa tidak hanya memahami pentingnya budaya K3 di lingkungan sekolah, tetapi juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menyelamatkan diri dan orang di sekitarnya dalam situasi bencana yang dapat terjadi kapan saja,” Ngadi menambahkan.

Dengan demikian, sambungnya, acara ini tidak hanya menciptakan kesadaran baru, tetapi juga berfungsi sebagai investasi dalam membentuk generasi yang paham akan pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Diharapkan langkah-langkah konkret ini akan membawa dampak positif yang berkelanjutan di lingkungan pendidikan dan masyarakat luas,” pungkasnya. (*/Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *