HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events

AEON Mall Prioritaskan Keselamatan dan Kenyamanan Pelanggan

JAKARTA, HSEmagz.com – Pelanggan adalah prioritas dan pelanggan adalah raja. Demikian filosofi dasar dari AEON Mall.

AEON Mall sendiri mempunyai tujuan meningkatkan gaya hidup masyarakat dan berkontribusi membangun komunitas lokal.

AEON Mall merupakan pengembang dari Jepang. Di Jepang sendiri AEON Mall sudah mengoperasikan 133 mall dan 35 mall lainnya di luar Jepang, termasuk Indonesia. Manajemen AEON Mall memiliki filosofi Life Design.

Apa itu Life Design? Life Design yaitu membangun kehidupan termasuk menciptakan cara masyarakat hidup di masa mendatang di mana AEON Mall menciptakan dan membangun kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh dan menjalin kegiatan budaya di atas dari pembangunan fasilitas komersil.

Baca juga: PT KAI, Safety Jadi Bagian DNA Perusahaan

“Kegiatan ini membuat perusahaan kami mengembangkan cara bagaimana melayani masyarakat melalui berbagai tahapan dalam kegiatan ini membuat perusahaan kami mengembangkan cara bagaimana melayani masyarakat melalui berbagai tahapan dalam kehidupan mereka,” ujar General Manager Facility Management AEON Mall Indonesia, Windy Bharata dalam penjurian HSE Indonesia Award 2023, Senin (12/6/2023).

Untuk memastikan HSE di AEON Mall Indonesia dilakukan dengan benar mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia dan standar AEON Mall. Manajemen AEON Mall membangun beberapa tim, SOP dan kontrol yang terkait HSE.

“HSE kami dilaksanakan berdasarkan standar tertentu seperti SMK3 yang merujuk pada PP no. 50/2012, lalu ISO 45001/2018, lalu ISO 9001/2015, dan juga ISO 14001/2015,” ujar Windy.

WINDY BHARATA

Windy mengatakan, beberapa struktur organisasi dan tim tanggap darurat juga dibentuk, termasuk setiap SOP dan ruang lingkup pekerjaan.

“Beberapa program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) rutin dilakukan untuk memastikan setiap area mall aman dan semua orang juga aman kapan saja selama mereka berada di mall,” ujarnya.

Selain itu, Windy mengatakan, AEON Mall juga membuat konsep keselamatan pada desain dan arsitektur mall.

Baca juga: PT Torishima Guna Indonesia Jadikan K3L Sebagai Nilai Dasar Perusahaan

“Semua pagar dipasang dengan akrilik bening tinggi atau tempered glasses untuk melindungi pelanggan agar tidak jatuh atau melompat. Tidak hanya pada railing di dalam mall yang termasuk sisi luar elevator tetapi juga railing di daerah luar yang berada di daerah tinggi,” kata Windy.

Windy melanjutkan, selain itu, sofa atau properti penyewa diatur sejauh 50 cm dari pagar untuk menghindari pelanggan anak-anak memanjat dan jatuh. Eskalator AEON Mall juga memiliki dinding akrilik pengaman untuk melindungi pelanggan.

“Area lantai AEON Mall dibagi menjadi zona-zona dan terdapat beberapa penutup api yang secara otomatis menutup dan memblokir area di mana bencana kebakaran terjadi.  Beberapa pintu evakuasi dilengkapi untuk evakuasi yang akan dilalui pelanggan ke jalur yang ditentukan, dan sepengetahuan kami, sistem seperti ini merupakan yang pertama diterapkan di Indonesia,” lanjutnya.

Windy mengatakan, peralatan keamanan standar juga dipasang dengan benar mengikuti Peraturan Indonesia. Selain itu, pada setiap lantai dipasang fire proof untuk mempercepat pencegahan terjadinya kebakaran.

“Kelengkapan kebakaran kami juga sudah diverifikasi oleh instansi pemerintah terkait untuk memastikan keamanan dan keselamatan kerja yang ada di AEON Mall sudah sesuai dengan regulasi. Dan kami memiliki Tim Tanggap Darurat yang namanya dipasang di tempat yang biasa dilewati karyawan, di mana karyawan penyewa dapat melihat grafik dan penanggung jawab yang sesuai,” ujar Windy.

Baca juga: SMILE, Komitmen Pimpinan PTK dalam Transformasi Budaya Safety

HSE Indonesia Award 2023

Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan mengatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (corporate) dan bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional (individual).

Dikatakan, HSEIA 2023 adalah sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang HSE dan merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU), sebuah perusahaan grup media yang sudah sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan awarding (Digitech Award, GRC, dsb).

“HSEIA 2023 diselenggarakan bersama Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” kata Irnanda, Chairman PT MMU.

Menurut Irnanda, untuk gelaran tahun 2023 yang merupakan agenda pertama, HSEIA 2023 mengambil tema : SAFETY EXCELLENCE FOR BUSINESS SUSTAINABILITY.

“Tema gelaran ini disesuaikan dengan tema Bulan K3 Nasional 2023 yang dicanangkan pemerintah yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di setiap Tempat Kerja,” katanya. (Ahmad Faqih Zuhair)

LEAVE A RESPONSE