HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events Transportation

Mulai Besok, Arus Lalin GT Kalikangkung-GT Cikatama Diberlakukan Satu Arah

JAKARTA, HSEmagz.com – Kepenatan para pemudik saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing belum juga sirna. Kue-kue lebaran pun belum ludes disantap.

Kini mereka, yang jumlahnya 123,8 juta, akan kembali (balik) ke tempat asal masing-masing, seiring akan berakhirnya cuti bersama pada Selasa (25/4/2023). Dan, mereka akan kembali  dihadapkan pada persoalan yang sama ketika melakukan perjalanan mudik: macet.

Pemerintah pun kembali akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin). Mulai dari pemberlakuan one way atau satu arah, contraflow, hingga ganjil genap. Rekasa lalin itu ditujukan guna mengurai kepadatan arus lalu lintas selama arus balik Lebaran 2023 yang puncaknya akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan agar beban jalan pada arus balik bisa terurai dan terdistribusi, terutama pada puncak arus balik 24-25 April 2023. Pasalnya, apabila tidak dilakukan pengaturan rekayasa lalu lintas, maka akan terjadi ‘stuck’ karena beban akan melampaui kapasitas jalan tol maupun arteri.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat arus mudik 2023 merupakan puncak mudik tertinggi sepanjang 2019-2022. Sehingga, puncak arus balik 2023 mudik ini juga diprediksi tertinggi dan perlu dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Sehingga kemudian ini tentunya perlu dilakukan langkah-langkah seperti pada saat kita laksanakan one way pada puncak arus mudik kemarin,” kata Kapolri dalam konferensi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Menteri Perhubungan, dan Jasa Marga, sebagaimana dilansir dari laman tempo.co, Minggu (23/4/2023).

Kapolri Jenderal Sigit menjelaskan, sistem satu arah (one way) akan diberlakukan mulai dari KM 414 di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai KM 70 GT Cikarang Utama (Cikatama).

Selain itu, apabila harus one way mengarah wilayah Jakarta, Polri mempersiapkan one way mulai dari KM 70, KM 36, bahkan sampai  KM 35.

“Jadi hal ini kita persiapkan semua  termasuk pengaturan contraflow disesuaikan dengan hitungan yang ada di Jasa Marga untuk pemantauan terkait dengan volume kendaraan yang melintas,” tutur Sigit.

Dengan persiapan rekayasa lalu lintas ini, Kapolri mengimbau masyarakat mematuhi kebijakan arus balik Lebaran 2023. Ia meminta masyarakat untuk mengikuti kebijakan terkait rekayasa lalu lintas agar bisa berjalan lancar dan optimal.

“Kepatuhan masyarakat (pemudik) terhadap aturan yang diberikan petugas akan sangat membantu kelancaran dan keselamatan pengguna jalan,” kata Kapolri Sigit. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *