HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events

Bio Farma Raih Empat Penghargaan di Ajang Human Capital & Performance Award 2023

JAKARTA, hsemagz.com – PT Bio Farma (Persero) berhasil menyabet empat penghargaan dalam ajang Human Capital & Performance Award (HCPA) 2023. Acara penganugerahan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan terbaik RI dengan kinerja penerapan aspek human capital terbaik ini diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia pada Rabu (29/11) di Hotel Mulia, Jakarta.

Perusahaan farmasi nasional ini tercatat berhasil meraih penghargaan dalam kategori-kategori bergensi, di antaranya adalah The Greatest Champions of Human Capital Excellence in Digital Transformation, The Best Learning and Development Strategy, The Best CEO of the Year kepada Direktur Utama Bio Farma Shadiq Akasya, serta kategori The Best HC Women Director of the Year kepada Endang Suraningsih.

Dalam pernyataannya, Bio Farma mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia guna memberikan dampak positif bagi perusahaan dan masyarakat secara luas.

Prestasi ini pun turut menjadi bukti nyata bahwa Bio Farma tidak hanya menjadi pemimpin dalam industri farmasi, tetapi juga dalam pengembangan dan pemberdayaan SDM unggul di tingkat nasional.

Sebelumnya dalam kesempatan di penjurian HCPA 2023 yang berlangsung Senin (13/11), Endang menyebutkan terdapat lima hal yang menjadi aspek penting dalam proses integrasi manajemen talent oleh perseroan. Di antaranya talent acquisition, talent classification, talent development, talent development, talent mobility dan talent retention.

Dalam hal talent acquisition, Endang menyebutkan Bio Farma melakukan pengrekrutan pada berbagai pendekatan, baik dengan merekrut Pro Hire, Entry Level, atau berdasarkan proyek atau disebut project-based.

Kemudian kami melakukan talent classification, terang Endang, yang dijalankan dengan memperhatikan kompetensi maupun learning agility. Talent classification juga diukur berdasarkan performance, baik dari result maupun behavior para karyawan di tubuh PT Biofarma (Persero).

Di sisi talent development, Endang menjelaskan bahwa pengembangan karyawan dilakukan dengan dasar perhitungan dari berbagai aspek.

“Talent development dilakukan berdasarkan layer manajerial, talent classification-based, stream-based. Serta kami juga menggunakan metode 70:20:10 dalam metode pengembangannya,” ujar Endang.

Sementara untuk talent mobility, PT Bio Farma (Persero) menjalankannya dengan mempertimbangkan dua hal penting. Kedua hal tersebut adalah talent classification-based mobility planning, yang diintegrasikan dengan kebutuhan organisasi.

Di dalam langkah untuk mempertahankan sumber daya manusia (SDM) atau biasa disebut talent retention, perusahaan turut melakukan berbagai langkah. Di antaranya dengan menghadirkan reward, yang didasari dengan memperhatikan talent classification, serta berdasarkan revenue generator.

Sebagai informasi, HCPA 2023 merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Gelaran ini menjadi kegiatan corporate rating tahunan di bidang human capital yang bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital, serta mengukur dan menilai kinerja strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel. Human capital dinilai menjadi aspek penentu tingkat daya saing negara, baik di kawasan domestik maupun global.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *