Dua Pekerja Tewas Terlindas Kendaraan Berat

HSEmagz

BATAM, HSEmagz.com – Kabar duka kembali mengalir dari Batam, dan lagi-lagi dari industri galangan kapal.

Hanya berselang kurang dari 24 jam setelah kasus tewasnya dua pekerja PT Ganda Samudera saat membersihkan tanki sebuah kapal tanker di galangan kapal Pax Ocean milik PT Nanindah Mutiara Shipyard yang berlokasi di Batu Aji, Kota Batam, Selasa (7/3/2023) malam, kini giliran dua pekerja galangan kapal yang meregang nyawa akibat kecelakaan kerja.

Kedua korban teridentifikasi bernama Richard Sirait (56) dan Ani Aslimin (41). Dilansir dari laman batampos.co.id, kecelakaan kerja fatal (fatality accident) itu terjadi di area kerja PT Alusteel Shipyard, sebuah perusahaan galangan kapal di Tanjunguncang, Batuaji, Batam, Rabu (8/3/2023) pukul 11.04.

Detik-detik kecelakaan maut itu terekam kamera CCTV perusahaan dan beredar luas. Dalam rekaman video berdurasi 56 detik dan diterima redaksi HSEmagz.com, kecelakaan maut yang menewaskan Richard Sirait dan Ani Aslimin tersebut dimulai dengan mogoknya kendaraan jenis pick-up bak terbuka di sebuah tanjakan.

Kedua korban berada di sisi kiri kendaraan. Pada detik ke-4, dari arah sebelah kanan layar video, muncul sebuah kendaraan berat berpenumpang dua orang (sopir dan kernet) dan melaju ke arah tanjakan, melintasi mobil bak terbuka yang tengah mogok tadi.

Saat tiba di ujung tanjakan, pada detik ke-24 mendadak kendaraan berat tersebut berhenti. Entah apa yang terjadi, satu detik kemudian kendaraan berat itu meluncur ke bawah dengan kecepatan tinggi.

Detik ke-30, kendaraan berat tersebut menghantam mobil bak terbuka dan menggilas tanpa ampun kedua korban. Tubuh keduanya sempat terseret beberapa meter hingga tergeletak tak bergerak di jalanan bebatuan.

Baca juga: Bersihkan Tangki Kapal Tanker, Dua Pekerja Tewas

Ditengarai kuat, kedua korban meregang nyawa di lokasi kejadian. Detik ke-42 dan 44, kernet dan sopir kendaraan berat tersebut berlarian menghampiri lokasi kejadian.

Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy membenarkan kejadian tersebut. “Sudah (jenazah kedua korban) dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri,” kata Kapolsek Kompol Restia.

Polsek Batuaji kini menangani dua kecelakaan kerja fatal sekaligus yaitu kasus tewasnya dua pekerja yang tengah membersihkan tangki di sebuah kapal tanker dan kasus tewasnya dua pekerja yang terlindas kendaraan berat. (Fadlik/Hasanuddin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *