HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Fire & Safety

152 Rumah Hangus, 2 Lansia Tewas dalam Kebakaran Petojo

JAKARTA, HSEMagz.com – Sebanyak dua warga lanjut usia (lansia) dilaporkan tewas akibat insiden kebakaran ratusan rumah di kawasan padat penduduk RW 08, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (23/8).

“Ada dua warga yang meninggal. Satu meninggal di rumah sakit, satu warga lainnya meninggal di dalam rumah saat kebakaran terjadi,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarnat) Jakarta Pusat Asril Rizal seperti dikutip dari Antara Kamis (24/8).

Korban lansia yang tewas dalam kebakaran tersebut merupakan laki-laki berinsial T dan wanita dengan insial A.

Dalam musibah kebakaran ini, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma melaporkan sebanyak 152 rumah warga hangus terbakar. Ratusan rumah tersebut berada di empat RT dengan jumlah warga yang terdampak mencapai 574 korban dari 196 Kartu Keluarga (KK).

Lebih rinci, empat RT tersebut di antaranya RT 02 dengan jumlah rumah yang hangus terbakar sebanyak 32 rumah, RT 03 sebanyak 26 rumah, RT 04 sebanyak 40 rumah, serta RT 05 sebanyak 54 rumah.

Dari informasi sementara yang diperoleh, kebakaran diduga disebabkan oleh adanya kelalaian yang dilakukan seorang warga. “Kebakaran terjadi karena ada warga yang sedang masak, lupa mematikan kompor,” pungkas Dhany.

Berdasarkan laporan Sudin Gulkarnat Jakarta Pusat, sebanyak 27 unit mobil pemadam kebakaran beserta 82 personel dikerahkan untuk menjinakan si jago merah. Api berhasil dipadamkan selang dua jam setelah kejadian bermula, tepatnya pukul 22.18 WIB.

Meski api berhasil dipadamkan, proses pendinginan terus dilakukan oleh petugas hingga pukul 02.00 WIB Kamis (24/8).

LEAVE A RESPONSE