HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Fatality Accident

Gedung A Museum Nasional Terbakar, Banyak Koleksi Terdampak?

JAKARTA, hsemagz.com – Museum Nasional yang berlokasi di Jl Medan Merdeka Barat, dilalap Si Jago Merah, Sabtu (16/9/2023) malam. Api pertama kali terlihat membara di Gedung A sekitar pukul 20.00 WIB.

Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kebakaran itu diduga menghanguskan sejumlah koleksi Arkeologi dan artefak-artefak bersejarah lainnya yang tersimpan di sana.

Informasi diperoleh, Gedung A merupakan tempat penyimpanan berbagai koleksi benda Arkeologis dari masa Prasejarah, etnografi, keramik, dan terakota.

Setidaknya sebanyak 14 unit mobil damkar terdiri dan 57 personel petugas dikerahkan untuk pemadaman. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan.

Dugaan awal, api berasal dari unit bedeng yang terletak di basement gedung storage dan merambat ke Gedung A.

Beruntung, petugas dengan cepat melokalisir api sehingga tidak merembet ke Gedung B dan C. Amukan Si Jago Merah berhasil dikuasai pukul 21.45 WIB atau hampir dua jam setelah petugas menerima laporan.

Sementara itu, lewat media sosial Instagram (IG), pihak Museum Nasional Indonesia (MNI) menginformasikan bahwa kebakaran terjadi di belakang Gedung A.

“Saat ini prioritas kami adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum. Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan menghindari kerusakan terhadap koleksi dan benda sejarah,” kata MNI dalam siaran pers sementara via IG.

“Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. Kami akan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi berjalan dengan transparan,” sambungnya. (Hasanuddin)

 

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *