HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events Safety, Health, & Environtment

Dilantik, Pengurus A2K3 Jatim Periode 2024-2028 Berkomitmen Majukan K3

SURABAYA, hsemagz.com – Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Jawa Timur melakukan pelantikan pengurus baru untuk periode 2024-2028 bertempat di Auditorium Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Sabtu (2/3/2024) lalu.

Acara pelantikan pengurus baru dilakukan langsung oleh Ketua Umum A2K3 Dr Ridwan Mahzun, MMT, MIIRSM, yang turut menyampaikan komitmen besar dalam mendukung upaya-upaya menciptakan kondisi kerja yang aman, sehat, dan bebas dari risiko kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja.

“Asosiasi Ahli K3 Jawa Timur memiliki peran yang penting dalam mendukung program pemerintah dalam menciptakan kondisi kerja yang aman dan sehat bagi seluruh pekerja. Kami akan berusaha keras untuk membantu dalam pembinaan dan pengembangan K3, serta melakukan penyuluhan dan penyebaran informasi pelatihan guna meningkatkan keahlian K3 di berbagai sektor industri,” kata Ridwan dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua A2K3 Jawa Timur Rachmat Tri Soelistijono, ST, MMT, dalam sambutannya menegaskan peran penting asosiasi dalam mendukung penerapan Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur, dalam upaya menanggulangi kecelakaan kerja dan memastikan pelaksanaan undang-undang K3 di Jawa Timur,” kata Rachmat.

Sigit Priyanto, ST, MM, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur yang hadir dalam acara tersebut, menyambut baik kerjasama tersebut.

“Provinsi Jawa Timur telah meraih penghargaan tertinggi bidang K3 dalam 5 tahun berturut-turut di tingkat nasional, dan kami sangat mengapresiasi peran serta Asosiasi Ahli K3 Jawa Timur dalam pencapaian tersebut,” katanya.

Sementara itu, Edi Priyanto, SKM, MM Wakil Ketua Umum I A2K3 Jawa Timur ketika dikonfirmasi terkait program kerja A2K3 Jatim kedepan mengatakan bahwa A2K3 Jatim berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 di semua sektor industri.

“Kami akan menginisiasi program-program penyuluhan dan pelatihan untuk para pekerja dan pengusaha agar mereka memahami risiko yang mungkin terjadi di tempat kerja dan bagaimana cara mengatasinya,” kata Edi.

“A2K3 Jawa Timur akan aktif berkolaborasi dengan pemerintah dan industri dalam pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan K3. Kami akan menjadi mitra yang andal bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja, serta membantu implementasinya di lapangan,” Edi menambahkan.

A2K3 Jatim juga akan mengintensifkan upaya penyebaran informasi mengenai pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keahlian K3 di kalangan tenaga kerja. Untuk itu pihaknya akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait untuk menyediakan pelatihan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

“Selain itu, kami juga akan terus mendukung inovasi dan pengembangan teknologi dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Kami percaya bahwa teknologi dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mengidentifikasi risiko dan mencegah terjadinya kecelakaan di tempat kerja” jelasnya.

“Kami mengajak semua pihak, baik dari industri maupun masyarakat umum, untuk bergabung dan mendukung program-program kami. Bersama-sama, mari kita wujudkan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif bagi semua. Asosiasi Ahli K3 Jawa Timur berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak terkait dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, sehat, dan produktif bagi semua pekerja di Jawa Timur,” pungkasnya. (*/Hasanuddin)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *