HSEMagz

Bukan Sekedar Berita

Calendar Events

DK3P Jatim Menutup Bulan K3 Nasional dengan Seminar dan Awarding

Surabaya, hsemagz.com – Menutup peringatan Bulan K3 Nasional 2024, Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Timur (DK3P Jatim) menggelar kegiatan seminar bertajuk “Budaya, Inovasi, dan Digitalisasi K3 : Upaya Menjaga Keberlangsungan Usaha” dan pemberian penghargaan (awarding).

Menurut Edi Priyanto, wakil Ketua DK3P Jatim, seminar nasional K3 kali ini digelar di  auditorium Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Tujuannya adalah  agar lebih mendekatkan informasi dan kegiatan K3 dengan para generasi muda khususnya mahasiswa agar mampu mempersiapkan diri menjadi generasi Indonesia Emas tahun 2045 mendatang.

“Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu 11 Februari 2024 itu diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari perwakilan berbagai perusahaan, asosiasi dan komunitas K3, pengawas ketenagakerjaan, dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jawa Timur,” kata Edi.

Menurut Edi, sebelumnya rangkaian kegiatan dalam rangka bulan K3 Nasional 2024 di Jawa Timur telah digelar. Di antaranya apel bulan K3, kegiatan sosial donor darah, safety riding pengemudi ojol, pemeriksaan kesehatan gratis untuk pengemudi ojol, pengujian lingkungan kerja, Aksi K3 dengan melakukan kampanye dan pemeriksaan kesehatan gratis pada masyarakat dalam acara car free day.

“Juga diselenggarakan berbagai kompetisi, mulai kampanye untuk siswa sekolah tingkat SMA/SMK, kampanye untuk pekerja UMKM, kompetisi Foto dan Video serta juga kegiatan kompetisi inovasi K3 yang bisa diikuti oleh individu dan perusahaan,” kata Edi.

Baca juga: Budaya, Inovasi, & Digitalisasi K3 Penting dalam Upaya Keberlangsungan Usaha

Baca juga: Ketua DK3N: Era Digitalisasi Tuntut Inovasi dan Transformasi K3

Puncak acara dalam kegiatan Seminar K3 Nasional ini ditutup dengan kegiatan awarding Kompetisi K3 yang mengundang seluruh peserta lomba dan beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam kompetisi K3 yang diadakan DK3P Jatim.

Kompetisi K3 Nasional mencakup beberapa kategori, seperti “Safety Campaign Challenge (UMKM dan SMA/SMK)”, “Safety Photo dan Video Challenge”, dan “Kompetisi Inovasi K3 Perusahaan”.

Para peserta dinilai berdasarkan kriteria ketat yang mencakup beberapa aspe., Meliputi orisinalitas, kesesuaian dengan tema, pesan yang ingin disampaikan, aspek estetika, serta kreativitas dan daya tarik.

Daftar Pemenang

Adapun nama-nama pemenang kompetisi K3 Nasional di antaranya untuk kategori Safety Campaign Challenge (UMKM), Juara 1 Dafid Saputra  dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, juara 2 Mareeno Anang Septianto dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan juara 3 Faris Zaky Mahendra dari Universitas Lambung Mangkurat.

Sedangkan kategori Safety Campaign Challenge (SMA/SMK), juara 1 Fadeli Wibisono dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, juara 2 Dimas Fanny Kusuma dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan juara 3 Raffi Achmad Ilyas dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Kemudian untuk kategori Safety Photo Challenge, juara 1 Giri Wijayanto dengan tema foto “Pengangkatan Gerbong Anjlok”, juara 2  Fajar Mujianto dengan tema foto “Siap Memadamkan Api” dan juara 3 Wahyu Tanoto dengan tema foto “Pekerja Gunakan APD”.

Kategori Safety Video Challenge, juara 1 Akbar Fernando Ndabung dengan tema video “Aturan 20-20-20 Untuk Freelancer”, juara 2  Justin Syafrianni dengan tema video “Langkah-langkah K3 di Bengkel” dan juara 3 Sisworinoto dengan tema video “K3 pada Pedagang Pecel Lele”.

Terakhir kategori Kompetisi Inovasi K3 juara 1 dari PT Bumi Suksesindo, mengambil inovasi SHIP: Fingers & Hand Injury Prevention in Maintenance, disusul juara 2 dari PT Terminal Petikemas Surabaya, mengambil inovasi Pengelolaan Layanan HSSE berbasis free digital platform dan juara 3 perorangan atas nama Rizal Ilda Kurniawan dai Universitas Airlangga Surabaya mengambil inovasi Aplikasi Safe-Think.

Kompetisi Bulan K3 Nasional tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan prestasi terbaik dalam keselamatan dan kesehatan kerja, tetapi juga mendorong perusahaan dan organisasi untuk terus berinovasi, memperkuat budaya keselamatan, dan mengadopsi solusi digital terbaik. (*/Hasanuddin)

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *